Minggu, 01 Maret 2009

CHORD PROGRESSIONS (progresi chord)

Helo teman, pembahasan kita saat ini adalah progresi chord. Apa sih progresi chord itu?
Chord progression adalah merupakan basic fondasi dr rhytm. Ini menyangkut pola chord atau grup chord. Yang pertama untuk kita pelajari ialah menentukan root terlebih dahulu. Contoh kita ambil yg mudah C major. Nada dalam C Major scale adalah C D E F G A B C

 Pembentukan progresi dari tujuh mode

I -> major -> ionian (major scale)
II -> minor -> dorian
III -> minor -> phrygian
IV -> major -> lydian
V -> major-> mixolydian
VI -> minor -> aeolian (natural minor scale)
VII -> minor -> locrian

ada beberapa standar progresi chord, seperti blues progression: I-IV-V Coba mainkan C Major, F Major, G Major. Kemudian mainkan progresi I-III-IV-V menggunakan C Major, E minor, F Major, G Major. Yang perlu di catat III adalah E minor chord, karena III adalah minor (lihat pembentukan progresi di atas).

Jadi C=do adalah:
C Dm Em F G Am Bm
1 2 3 4 5 6 7

maka: I-IV-V adalah major, dan II-III-VI-VII adalah minor.
Jadi kalau ada lagu dg root C=do, maka kunci dasarnya ya majornya C-F-G dan sisanya adalah minor. Sebuah lagu juga tidak jauh2 dr itu. Mungkin tambahannya cuma kembangan dr nada dasar itu. Misal pas di G memakai G7.

Pola Progresi I-IV-V adalah dasar untuk musik blues, hanya saja memainkannya menggunakan dominant C7-F7-G7. Standar lain seperti jazz progression menggunakan II-V-I dan ini Insya Allah di laen kesempatan akan kita bahas juga.

Sekian lesson untuk kali ini. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar