Sabtu, 28 Februari 2009

BLUES SCALE

Ok coy.. Sekarang kita lanjut lagi pembahasan kita. Masih mengenai scale,lesson kali ini kita akan membahas tentang blues scale. Are you ready..?
Bicara tentang blues, blues adalah biang dr musik rock dan jazz. Gak percaya! Coba perhatikan permainan solo gitar group musik rock manca, seperti GNR, megadeth, bonjovi dll. Dan coba perhatikan juga solo gitar band tanah air, seperti slank, dewa 19, scale apa yang dimainkan? Tak lain adalah tangga nada blues.
Kenapa harus blues? Karena kebanyakan nada2 dlm musik blues tidak bisa di mainkan dalam musik klasik. Kenapa begitu? Dalam musik klasik, tidak boleh terdengar nada miring, atau dissonant. Nada yg kita mainkan di anggap tidak enak atau fals. Lain halnya dalam blues, rock, dan jazz, semakin miring nada yang di mainkan, semakin di anggap "MANTAB".

Lain halnya dg tangga nada diatonik, tangga nada blues adalah tangga nada yang unik. Ia sering dimainkan ketika improvisasi. Alasannya karena tangga nada ini mudah dan aman. Maksud aman adalah karena bisa dimainkan di hampir semua chord. Tangga nada ini pula sering disebut tangga nada penyelamat. Jika udah pusing memainkan melodi nada phrygian dominant, harmonic minor, atau dorian dan tak ada waktu untuk berfikir, ya tinggal mainkan saja tangga nada blues, selesai sudah.

Tangga nada blues di bentuk dari minor pentatonic scale, tinggal menambahkan not blues. Lihat formula di bawah :

formula blues scale: 1 b3 4 b5 5 b7
A=do : A C D Eb E G
yang disebut dg not blues ialah (b5). Jika menggunakan A sebagai root ialah Eb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar