Senin, 02 Maret 2009

CHORD FINDER

Ok brow penjelasan kali ini adalah mengenai chord. Bagaimana chord di bentuk, kenapa terbentuk demikian dan di beri nama seperti itu pula. Kenapa? Atau apa alasannya. Mungkin untuk para pemain piano, keyboard, organ, dan alat musik sejenisnya lebih mudah memahami chord. Mengapa? Karena pola tangan memegang chord pd piano jauh lebih simpel dan mudah di tebak, karena posisi tuts nada yg teratur.

Lain halnya untuk para musisi gitar,pola bagan chord gitar lebih terlihat rumit dan ngejelimet. Sehingga kebanyakan para pemula gitar hanya tahu chord dr hapalan dan tidak tahu bagaimana chord tsb. terbentuk dan mengapa di beri nama yg demikian itu.

Hal substansi, signifikan dan dominan yg harus dipahami seseorang pd saat belajar gitar untuk pertama kali, adalah chord. Walaupun untuk mempelajarinya pertama kali lewat proses menghafal terlebih dahulu. Jarang sekali orang mempelajari hal ini terlebih dahulu, atau belajar melodi dahulu, atau pemetikan gitar pd tangan kanan terlebih dahulu. Penilaian ini pribadi, karena saya melihat dr lingkungan tempat saya tinggal.

* Memahami chord triad

sudah tahukah anda chord triad? Chord triad adalah chord yg terdiri dr tiga nada pokok. Pada dasarnya chord memang terdiri dr 3 nada,sedang yg dimainkan 4 nada, 5 nada, dst. Adalah chord triad yg di tambah satu atau lebih nada baru.

Ketahuilah bahwa chord triad itu teratur, dimana bila chord ini diterjemahkan ke dalam notasi angka, nada root (nada dasar) dr chord adalah (pasti) do (1).
Sebagai contoh chord C Major. C major terbentuk dr C-E-G. Nada C adalah root, maka C=do. Sehingga 3 nada pd pola chord mayor bila di terjemahkan ke bentuk notasi angka menjadi: do(1), mi(3), sol(5). Jd C major: C-E-G=1-3-5
contoh lain G major, tebentuk dr G B D -> notasi angka tetap sama 1 3 5 dan G=do. Dengan demikian semua pola chord mayor notasi angkanya sama: do mi sol (1-3-5).
Begitu juga pada minor chord, notasi angkanya adalah 1-b3-5. Pemahaman ini di sebut chord finder atau chord formula.

* Pemberian nama chord triad dg nada baru

Nama chord triad dg tambahan nada baru, diberi embel2 berupa notasi angka di belakang nama chord, di sesuaikan dg nama tambahan yg menyertainya. Standar internasional untuk pemberian nama di mulai dr notasi 4 dan simbol (#) diganti (+) dan (b) diganti (-).

Penyebutan angkanya adalah 4,5,6,7,8,9,10,11,12,13. Yang brati sama dg: 4,5,6,7,1,2,3,4,5,6 pd notasi angka octav 7 nada. Contoh chord C major mendapat tambahan nada ke-7 dr rootnya, maka di sebut C Major7. Untuk memahami ini coba perhatikan dan pahami bagan chord finder atau chord formula. Saya tidak sertakan di sini, anda dapat melihatnya di http://www.guitar.ch/en/info/chords/formula.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar